Bogor, Jawa Barat, Indonesia

0821-8481-8881

Aldoveganew@gmail.com

Sen-Sab: 7:00 am – 6:00 pm

Senin-Sabtu 7:00AM - 6:00PM
PESAN KEBUTUHAN KONSTRUKSI ANDA 0821-8481-8881
Bogor, Jawa Barat, Indonesia

Blog Posts

Cara Mengatasi Beton Keropos dengan Cara yang Benar

Ada berbagai hal yang bisa menyebabkan beton keropos. Beton memang dibuat menggunakan bahan yang sangat kuat dan kokoh, sehingga bisa menahan beban yang sangat berat. Anggaran untuk membuat, bangunan berbahan beton juga sangat mahal. Namun, jika hal ini tentunya sangat berbahaya,. Karena itu Anda perlu tahu cara mengatasi beton keropos.

Beton keropos merupakan kasus yang bisa dan sering terjadi dalam masalah pembangunan. Struktur yang mengalami kerusakan tentunya akan berdampak besar bagi bangunan tersebut. Struktur beton yang mudah dibuat, tak heran ada banyak sekali kasus mengenai pengeroposan beton ini.

Lalu bagaimana cara untuk mengatasi hal ini? Anda perlu mengetahui apa saja masalah yang akan terjadi dan apa saja penyebab dari pengeroposan yang di dalam beton tersebut.

Cara Mengatasi Beton Keropos

Jika Anda penasaran mengenai cara untuk mengatasi beton yang keropos, maka kami akan berikan informasinya untuk Anda. Cara yang akan kami berikan ini, merupakan langkah yang paling mudah dan yang paling sering di gunakan para konstruksi bangunan.

Biasanya beton keropos terjadi akibat pergerakan beton yang kurang baik. Hal ini biasanya terjadi karena kurangnya beberapa komponen yang digunakan. Dengan hal tersebut mengakibatkan adukan semen mengalir keluar dan menyebabkan beton keropos.

Agar bisa menanganinya, sebaiknya Anda menggunakan beton yang berkualitas tinggi. Ada berbagai penyebab yang bisa mengakibatkan beton keropos.

cara mengatasi beton keropos
Contoh Beton yang Keropos
Proses Pembuatan Cor

Penyebab beton keropos lain nya adalah kesalahan dalam pengadukan cor. Jika cor diaduk secara asal-asalan maka akan menghasilkan cor yang tidak layak pakai. Misal jika tingkat adukan cor encer, maka cor akan mengalir keluar dan ikut terbuang.

Cor tidak bisa diam di dalam cetakan, jika memang bisa makan akan membutuhkan waktu yang cukup lama. Karena itu penting bagi Anda untuk melakukan perhitungan dalam proses pengadukan cor.

Baca Juga : Cara Membuat Adukan Beton Skala Kecil

Tahap Pembuatan Adukan Cor yang Salah

Hal ini sering terjadi, dan sering juga diabaikan. Kebanyakan orang mungkin hanya berfikir mencampurkan bahan nya saja tidak apa-apa nantinya juga akan tercampur sendiri. Padahal sebenarnya, mencampurkan semen dan pasir harus diaduk terlebih dahulu sebelum memberinya air.

Jika air langsung ditambah, maka bahan-bahan yang digunakan untuk membentuk beton tidak akan memiliki kualitas yang kuat. Hal ini akan membuat bahan tidak tercampur dengan sempurna.

Pemasangan Besi Tulang Tidak Benar

Pemasangan besi tulang harus dilakukan dengan benar dan baik. Jika besi tulang tidak dipasang dengan baik, maka selimut beton nya akan menjadi tipis. Hal ini tentunya akan mempengaruhi daya tahan bangunan.

Jika saja terjadi gempa dengan skala yang cukup besar, maka bangunan tersebut akan dengan mudah roboh. Jelas hal ini bisa mengganggu kenyamanan Anda saat di dalam gedung tersebut.

Cara Penanganan

Setelah Anda mengetahui apa saja penyebab beton mengalami keroposan, maka Anda bisa menggunakan cara mengatasi beton keropos. Jika beton mengalami kekeroposan, maka Anda bisa menjaganya sesegera mungkin.

Dengan begitu kualitas dari beton bisa kembali dengan cepat dan tidak mengakibatkan banyak masalah lain nya. Anda hanya perlu menutup bagian beton yang mengalami pengeroposan. Cara ini cukup mudah untuk di praktekan jadi Anda tidak perlu bingung untuk mencari tukang.

Cara mengatasi beton yang keropos lainnya adalah dengan mempertebal dimensi pada kolom. Anda bisa memasang luas besi tulang yang ditambahkan di luar kolom yang lama. Namun, jika kondisi beton tidak memungkinkan, maka Anda perlu melakukan pembongkaran dan membangunnya kembali.

Untuk cara mengatasi beton keropos, Anda bisa menggunakan dua metode yaitu chipping dan grouting. Sebelum melakukan kedua cara ini, Anda bisa mengecek kondisi dari beton tersebut. Hal ini perlu dilakukan agar bisa mengetahui, metode mana yang paling cocok untuk digunakan.

Untuk melakukannya Anda hanya membutuhkan beberapa bahan bahan. Bahan nya seperti air bersih, mixer, helm, conbextra GP, kacamata safety, sepatu safety, sikat baja, palu dan baji serta container pail sebagai tempat mengaduk.

Itulah cara mengatasi beton yang keropos dan penyebabnya yang bisa Anda ketahui. Dengan menggunakan cara ini, beton rumah Anda bisa kembali seperti semula. Anda perlu diingat dalam melakukan pembangunan penting untuk melakukan tahapan yang sesuai dengan prosedur nya.

Tips Agar Rangka Atap Baja Ringan Tidak Mudah Rusak

Tips Agar Rangka Atap Baja Ringan Tidak Mudah Rusak – Anda tidak perlu lagi menggunakan rangka atap yang terbuat dari kayu atau bambu untuk membuat atap. Karena sudah ada bahan alternatif yang bisa digunakan untuk keperluan tersebut. Bahan yang kami maksud adalah baja ringan. Yap, kini Anda bisa membuat rangka atap yang kuat, kokoh, dan tahan lama dari baja ringan.

Belakangan ini penggunaan baja ringan sangat marak digunakan untuk membuat struktur atau konstruksi bangunan. Termasuk untuk keperluan membangun rangka atap, Anda bisa menggunakan baja ringan sebagai material utamanya. Anda harus mencobanya sendiri.

Keunggulan utama material baja ringan dibandingkan kayu atau bambu sebagai rangka atap adalah memiliki kualitas yang jernih. Hal ini dikarenakan baja ringan dibuat di pabrik sehingga kualitasnya sudah terkenal. Kualitas bahan sudah terukur dengan pasti sehingga kami bisa membuat perencanaan yang matang terkait proses pemasangan nantinya.

Material rangka atap baja ringan ini harus aman digunakan dan memiliki resiko kerusakan yang rendah agar Tidak Mudah Rusak saat digunakan. Kekuatannya sangat bagus dan memiliki peluang yang relatif kecil untuk ambruk atau runtuh.

Namun pada kenyataannya tidak sedikit kasus rangka atap baja ringan yang tiba-tiba ambruk. Masalah ini biasanya disebabkan oleh kesalahan perencanaan atau pelaksanaan. Kasus ambruknya rangka tersebut tentu sangat mengkhawatirkan.

Apalagi jika rangka runtuh secara tiba-tiba tanpa sebab yang jelas seperti gempa bumi atau angin kencang. Anda harus mewaspadai kemungkinan risiko buruk ini. Salah satu caranya adalah dengan melakukan upaya antisipasi sejak dini, sejak awal perencanaan rangka atap.

Agar rangka atap baja ringan yang Anda bangun tidak mudah roboh, maka Anda bisa mengikuti tips di bawah ini dalam membangunnya. Kami mencoba berbagi tips dasar dalam membuat rangka atap dari bahan baja ringan yang kuat, kokoh, dan tahan lama.

tips agar atap baja ringan tidak mudah rusak

Beberapa cara / Tips Agar Rangka Atap Baja Ringan Tidak Mudah Rusak

Buat Perencanaan yang Cermat

Sebelum memulai Anda diharuskan untuk membuat perencanaan yang matang mengenai proses pelaksanaan pekerjaan tersebut. Rencana ini harus dipersiapkan dengan baik sebelum tanggal pelaksanaan proyek. Buatlah perencanaan yang matang dan libatkan semua pihak yang akan bekerja disini. Hitung dengan baik spesifikasi baja ringan yang dibutuhkan.

Membuat gambar kerja menjadi jelas dan mudah dipahami. Lakukan perencanaan proyek ini dengan baik. Jangan sampai hanya karena perencanaan yang buruk mengakibatkan struktur rangka mengalami kegagalan pembangunan.

Gunakan Bahan Berkualitas Tinggi

Wajib menggunakan bahan baja ringan berkualitas tinggi saat membangun rangka atap. Jangan hanya mengejar harga bahan yang murah, lalu Anda mengesampingkan soal kualitas. Kualitas material merupakan faktor terpenting yang harus diperhatikan karena sangat mempengaruhi tingkat keamanannya.

Paling tidak, Anda perlu menggunakan baja ringan yang memiliki kualitas baja G550. Begitu juga dengan pelapis yang digunakan juga harus tahan terhadap karat. Untuk menggembleng, grade harus Z200. Sedangkan untuk zincalume menggunakan grade AZ100 sehingga anti karat.

Pilih Dimensi Material yang Tepat Dalam memilih baja ringan, Anda perlu memperhatikan dimensi material, baik panjang dan lebar, serta ketebalan. Semakin besar bentang baja ringan yang digunakan, maka material tersebut juga harus semakin tebal sehingga cukup kuat untuk menopang beban.

Misalnya, jika bentang bebas material sekitar 1-8 meter, Anda membutuhkan baja ringan dengan ketebalan minimal 0,75 mm. Demikian pula jika bentang bebas material lebih dari 8 meter, gunakan baja ringan dengan ketebalan 0,9-1 mm sebagai rangka utama. Rangka ini kemudian disambungkan ke reng dengan ketebalan minimal 0,45 mm. Tips Agar Rangka Atap Baja Ringan Tidak Mudah Rusak

Gunakan pengrajin yang terampil

Faktanya, proses perakitan rangka baja ringan lebih rumit daripada rangka kayu atau bambu. Ada begitu banyak bagian yang digunakan dan memiliki fungsi khusus. Pemasangan rangka atap yang baik harus memperhatikan setiap detail informasi pada gambar kerja.

Karena itulah dibutuhkan tenaga ahli dan berpengalaman minimal 2 tahun untuk memasangnya. Kesalahan yang paling sering terjadi adalah perbedaan penentuan sudut antara baja ringan dengan dinding sehingga hasilnya kurang sempurna.

Perhatikan Jarak kuda-Kuda

Jarak kuda-kuda yang disarankan adalah sekitar 1,2-1,3 m untuk atap ringan, dan jarak sekitar 1-1,2 m untuk atap berat. Semakin jauh jarak kuda-kuda ini, semakin lemah kekuatan mereka. Jarak kuda yang dekat akan membuatnya lebih kuat dalam menahan beban atap. Tips Agar Rangka Atap Baja Ringan Tidak Mudah Rusak

Pembuatan kuda-kuda ini harus dilakukan dengan sebaik-baiknya dengan memperhatikan berbagai faktor yang berkaitan dengan pemasangannya. Di antara faktor-faktor yang harus Anda perhatikan adalah panjang bentang kuda-kuda, tinggi kuda-kuda, sudut kemiringan, jenis ubin yang digunakan. n, beban angin, dan beban kerja.

Pastikan Struktur Bawahnya Kuat

Kasus rubuhnya rangka baja ringan memang tak sendiri-mata disebabkan oleh struktur atap itu sendiri. Beberapa di antaranya juga dapat terjadi akibat struktur rangka bawah tersebut yang tidak kuat menahan beban atap.

Contohnya seperti pembangunan struktur kolom, dinding, dan ring balok yang terlalu lemah sehingga menyebabkan ambruk. Oleh sebab itu, Anda harus membuat perencanaan yang baik terkait pemasangan rangka baja ringan ini.

Koordinasikan dengan Semua Pihak

Jangan bekerja sendiri. Itu sebabnya, semua pihak yang terlibat dalam proses pembangunan rangka atap baja ringan ini dapat menjalin komunikasi yang baik. Diperlukan adanya sikap yang terbuka dan toleransi agar proses tersebut dapat berjalan dengan lancar.

Kurangnya koordinasi bakal mengakibatkan hasil kerja tidak akan sesuai dengan rencana awal. Anda harus waspada terhadap risiko buruk ini. Demikian penjelasan tentang tips agar rangka atap baja ringan Tidak Mudah Rusak semoga bermanfaat, terimakasih.

Tips Perawatan Beton Setelah Pengecoran

Tips perawatan beton ini sebaiknya kita perhatikan kalau selesai melakukan pengecoran. Bangunan yang baru saja selesai proses pengecoran ini akan memiliki ketahanan yang baik jika perawatan nya benar.

Oleh karena itu untuk menghasilkan bangunan yang kuat dan anti retak. Akan lebih baik jika kita menggunakan cara yang tepat.

Material beton ini sendiri sangat terkenal akan ketahanannya. Hal ini akhirnya membuat material yang satu ini digunakan dalam berbagai bangunan.

Tidak hanya untuk rumah, namun gedung yang membutuhkan kekuatan prima. Dengan menggunakan beton ketahanan akan teruji dan yang pasti tidak diragukan lagi.

Tips Perawatan Beton

Meskipun memiliki ketahanan yang baik pada dasarnya. Jika kita tidak merawatnya dengan baik kala selesai melakukan pengecoran maka juga akan sia-sia.

Maka dari itu usahakan untuk selalu memperhatikan proses yang satu ini. Bahan material dari pembuatan beton terdiri dari agregat halus atau pasir, kerikil dan semen.

Ketika bahan ini bercampur dengan air akan menghasilkan kualitas yang baik. Dengan perbandingan yang bisa kita sesuaikan dengan kualitas yang akan digunakan.

Pondasi mulai dari tembok, lantai, hingga atap akan sangat kuat. Jadi kita tidak perlu khawatir jika sudah memperhatikan cara finishingnya.

tips perawatan beton

Pemberian Air

Cara pertama adalah memberikan kondisi basah pada beton. Ini akan berfungsi sebagai pengujian apakah beton memiliki ketahanan yang baik atau tidak.

Tips perawatan beton ini dengan melakukan penyiraman secara menyeluruh. Jika sudah, lalu pastikan untuk menutupinya akan kelembaban terjaga.

Hasil dari proses ini akan membuat beton tidak mudah menyusut dan kering. Hal ini yang biasanya membuat adanya keretakan dan keropos juga berpengaruh pada ketahanannya.

Jadi pastikan melakukan cara ini dengan benar. Untuk mendapatkan hasil yang berkualitas dan tidak mengecewakan dan membahayakan nantinya.

Curing

Kedua kita melapisi nya dengan membran atau bisa disebut lapisan. Kita akan melapisi nya dengan sejenis cat yang memiliki karakteristik kedap air

Proses ini akan membuat kelembaban terjaga. Dari membran ini memiliki dua jenis, yaitu berwarna putih dan bening.

Ketika akan melakukan proses ini akan lebih baik suhu berada di sekitar 24 hingga 28 Celcius. Ketika melakukan penyimpanan proses akan menghasilkan kualitas yang semakin baik hasilnya.

Oleh karena itu hal ini kembali lagi pada jadwal pengerjaan. Alangkah lebih baik kita jua tetap melakukan prosedur yang berlaku.

Lapisan Kalsium Klorida

Tips perawatan beton selanjutnya adalah menggunakan lapisan kalsium klorida. Pada pelapisan permukaan, yang akan berfungsi sebagai garam untuk pengawetan.

Karena pada dasarnya garam memiliki karakter yang mampu menyerap kelembaban dan tidak membuat beton mudah rusak.

Tingkat kelembaban dan hidrasi yang dilakukan kalsium klorida sangat baik dan efektif. Maka jangan menyepelekan proses yang satu ini.

Penutupan

Ketika sudah selesai melakukan lapisan terakhir. Kita sebaiknya menutup semua permukaan yang mengalami proses dengan menggunakan plastik.

Dengan menggunakan bahan yang anti air satu ini akan membuat proses berjalan dengan baik. Plastik tidak akan membuat beton tidak berwarna.

Selain itu harga yang dikeluarkan untuk membelinya cenderung murah. Maka akan menekan pengeluaran namun tetap dengan kualitas yang sama bagusnya.

Dari proses yang kita bahas ini sebaiknya melakukannya dengan baik. Juga tidak terburu-buru waktu dan tetap memperhatikan situasi dan kondisi saat itu.

Menjaga Kualitas

Jika kita bertanya-tanya kenapa harus melakukan perawatan yang benar. Maka jawabannya cukup mudah dan simple.

Ketika kita merawatnya dengan baik maka akan mencegah terjadinya kerusakan beton. Dengan menjaga perbedaan suhu lingkungan.

Selain itu menstabilkan kondisi beton, seperti kehilangan air. Proses ini sebaiknya dilakukan kurang lebih dua minggu untuk menjaga kelembabannya.

Namun juga bisa selama satu minggu saja sudah cukup. Semua bisa kita sesuaikan dengan jadwal pengerjaan.
Ketika kita terlalu terburu-buru dalam proses pengerjaan ini atau apapun. Justru tidak memberikan hasil maksimal dan tidak jarang malah bekerja dua kali yang membuang waktu.

Oleh karena itu sebaiknya perlahan namun pasti dan memperhitungkan segala kemungkinan. Hasil baik tidak akan membuat biaya yang keluar semakin banyak juga.

Tips perawatan beton setelah pengecoran ini telah teruji oleh para tenaga profesional. Dengan menggunakan cara yang serupa.

Cara Membuat Adukan Beton untuk Pengecoran Skala Kecil

Cara membuat adukan beton memang harus dilakukan dengan langkah yang sedemikian rupa agar hasilnya berkualitas. Selain hanya workabilitas nya saja yang tinggi, namun beton yang baik juga harus memiliki sifat kohesi. Jadi, cara membuat adukan beton juga harus benar.

Hal ini bertujuan supaya beton tersebut mempunyai tingkat kekuatan yang lebih kokoh serta tahan lama. Salah satu cara yang tepat adalah dengan menyesuaikan bahan material penyusun adukan beton pada lokasi yang akan dibangun.

Beton sendiri merupakan bahan bangunan yang terbuat dari campuran agrerat, semen, dan air. Sementara itu terdapat dua macam agregat yakni jenis agregat kasar atau kerikil dan agregat halus atau pasir. Terkadang juga ditambahkan dengan zat aditif ke dalam adukan beton agar lebih bagus.

Begini Cara Membuat Adukan Beton Agar Hasilnya Bisa Maksimal dan Kokoh

Salah satu hal yang sangat penting untuk Anda perhatikan dalam pembangunan sebuah proyek adalah cara mengolah beton. Pasalnya, proses pengolahan beton dapat mempengaruhi kualitas mutu beton tersebut.
Dalam pembuatan beton memang terdapat beberapa tahapan yang harus dilakukan agar hasilnya bisa maksimal.

Seperti pencampuran bahan material beton, hingga penuangan dan pemadatan campuran beton tersebut.
Sedangkan pembuatan beton memang harus dilakukan oleh tenaga kerja yang sudah ahli sesuai dengan standar yang ditetapkan. Tidak hanya bisa menahan beban berat saja, namun beton juga harus mampu menahan sifat kohesi yang tinggi.

Bahan beton yang dapat Anda peroleh adalah dengan acara produksi, misalnya seperti precast, readymix, juga sistemix. Artinya, Anda harus memerlukan peralatan khusus supaya pekerjaan untuk menyelesaikan adukan beton bisa lebih mudah.

cara membuat adukan beton

Langkah Pencampuran

Dalam memenuhi kebutuhan sebuah konstruksi bangunan, maka cara membuat adukan beton perlu Anda perhatikan secara tepat. Sementara itu, untuk membuat proyek dalam jumlah skala kecil saja, Anda bisa membuat campuran beton sendiri.

Baca Juga : Keindahan Beton dari Interior dan Eksterior

Selain itu, tips membuat beton dan mengarah kepada cara membuat adonan beton untuk digunakan dalam pengecoran skala kecil. Maksudnya ini bisa Anda lakukan sendiri tanpa harus menggunakan bantuan dari orang lain.

Membuat Campuran Beton

Mesin mixer semen memang cocok digunakan untuk membuat beton agar hasilnya bisa lebih konsisten dan cepat. Meski demikian, untuk proyek dalam skala kecil, cara membuat adukan beton juga bisa dilakukan tanpa harus menggunakan mesin mixer beton.

Bahkan ini akan memungkinkan Anda membuat beton sendiri dengan campuran bahan material lain untuk proyek skala kecil. Bahkan hal ini justru akan membuat hasilnya lebih konsisten dan bagus meskipun sedikit lama.

Nah, hal penting yang perlu Anda persiapkan adalah mempersiapkan berbagai macam bahan juga peralatannya. Bahkan bahan-bahan dan peralatan tersebut bisa Anda temukan di sejumlah toko bangunan.

Bahan material yang Anda butuhkan seperti pasir, semen, air, agregat kasar, atau kerikil. Sedangkan peralatannya cukup sederhana, yaitu hanya sekop dan ember saja.

Langkah Membuat dalam Skala Kecil

Cara membuat adukan beton untuk proyek skala kecil, dapat Anda lakukan sendiri tanpa harus dengan bantuan tenaga profesional. Artinya langkah ini cukup berbeda daripada kebutuhan beton skala besar seperti pembuatan pondasi pabrik.

  1. Pertama cari tempat untuk mengolah beton.
  2. Jika lokasi yang Anda gunakan masih berupa tanah, bisa dilapisi dengan plastik agar campuran beton tidak bercampur tanah.
  3. Mengukur bahan-bahan.
  4. Letakkan agregat berupa pasir atau kerikil dalam tumpukan lembaran plastik.
  5. Tambahkan semen sesuai kebutuhan.
  6. Campur dan aduk sampai bahan semuanya tercampur rata.
  7. Buatlah kawah pada campuran tersebut lalu diberi air.
  8. Aduk kembali sampai merata.
  9. Jika sudah selesai, maka Anda bisa langsung mengangkatnya dengan menggunakan ember ke tempat untuk pengecoran tempat yang Anda inginkan.

Langkah-langkah di atas memang sangat mudah Anda lakukan sendiri meskipun tanpa harus bantuan orang lain. Apabila Anda menginginkan pembuatan beton lebih berkualitas, maka bisa membaca panduan standar dalam pembuatan beton.

Selain cara membuat adukan beton dengan mempersiapkan semua bahan dan alat yang dibutuhkan, Anda juga harus sudah memiliki tempat yang sesuai. Di mana area tersebut sebagai tempat untuk melakukan pengecoran agar hasilnya bisa maksimal.

Cara Menghitung Luas Rangka Atap Baja Ringan Yang Baik

Cara Menghitung Luas Rangka Atap Baja Ringan– Menghitung Rangka Atap Baja Ringan Di pasaran banyak sekali jenis rangka atap yang bisa dibeli. Masing-masing tipe tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, baik dari segi harga, kualitas dan ketahanan.

Untuk itu diperlukan pertimbangan yang matang sebelum memutuskan rangka atap mana yang ingin Anda beli. Dari beberapa jenis, mungkin sebagian orang sudah familiar dengan rangka atap baja ringan. Baja memang menjadi salah satu bahan bangunan yang paling disukai karena ekonomis dan kekuatan yang dapat diberikannya.

Baja ringan berbeda dengan baja konvensional. Karena baja ringan dibuat dengan kualitas tinggi dan memiliki sifat ringan dan tipis. Namun, jenis baja ini memiliki fungsi yang sama dengan baja konvensional. Rangka atap baja ringan banyak digunakan untuk memudahkan perakitan dan konstruksi.

Jika anda tertarik untuk mengaplikasikan rangka atap baja ringan ini pada rumah anda, salah satu hal yang perlu anda lakukan adalah menghitung luas rangka atap baja ringan tersebut. Langkah ini perlu dilakukan agar anggaran dapat disusun dengan sebaik-baiknya. Jika anggaran dasar diketahui, Anda akan mudah membeli bahan baku dan melakukan proses pemasangan.

cara menghitung luas rangka atap baja ringan

Bagaimana cara menghitung luas rangka atap baja ringan?

Untuk menghitungnya bisa dibilang tidak terlalu sulit namun juga tidak terlalu mudah. Bagi Anda yang sudah terbiasa bekerja di dunia konstruksi, tentu sudah paham betul. Namun bagi anda yang masih baru, tidak ada salahnya untuk mencoba. Yang perlu dilakukan hanyalah menyesuaikan nama istilah dan jenis rangka atap baja ringan. Agar lebih jelas, berikut adalah rumus menghitung luas rangka atap baja ringan:

Rumus yang harus Anda ketahui:

  • Panjang bangunan = 10+1+1 = 12 meter
  • Lebar bangunan = 10+1+1 = 12 meter
  • Derajat kemiringan = cos 35 = 0,819

Jadi, hasilnya sudah bisa diketahui, luas rangka atap baja ringan untuk rumah Anda adalah: 175,8 meter2

Menghitung Kebutuhan Baja Ringan

Dari mengetahui luas rangka atap baja ringan diatas, kita bisa memanfaatkannya untuk berbagai keperluan. Contohnya adalah menghitung kebutuhan bahan bangunan yang berkaitan dengan rangka atap. Seperti kebutuhan baja ringan, genteng, hingga sekrup.

Karena itu penting, kita harus benar-benar memahami cara menghitung kebutuhan baja ringan untuk suatu pekerjaan. Misalnya, menghitung kasau dan reng baja ringan yang dibutuhkan. Keduanya merupakan bagian penting yang tidak boleh dilewatkan.

Diperlukan perhitungan yang tepat agar tidak terjadi kekurangan material yang akan menghambat proses kerja. Selain itu, agar tidak ada kelebihan yang membuat anggaran menjadi lebih besar. Berikut cara penghitungannya yang bisa Anda lihat. Cara Menghitung Luas Rangka Atap Baja Ringan

Menghitung Kebutuhan Kaso

Untuk mengetahui jumlah kasau baja ringan yang dibutuhkan, kita dapat menggunakan rumus sebagai berikut:
Misalnya dari contoh diatas dapat dilihat luas atap miring mencapai 175,8 m2, maka untuk menghitung kebutuhan kasau baja ringan adalah sebagai berikut : Kaso = (175,8 x 4) / 6 = 117,2 atau dapat dibulatkan menjadi 118 kasau.

Menghitung Kebutuhan reng

Setelah mengetahui berapa batang kas yang dibutuhkan, proses selanjutnya adalah menghitung jumlah reng yang dibutuhkan. Rumus yang digunakan adalah sebagai berikut: Reng = (J.Kaso x 1,2)

Seperti yang Anda lihat, jumlah kasau termasuk dalam rumus di atas. Alasannya adalah reng itu sendiri dipasang di atas kasau. Jadi berapa banyak reng yang dibutuhkan tergantung berapa banyak kasau yang dibutuhkan.
Sebagai contoh, mari kita gunakan contoh di atas sebagai ilustrasi. Perhitungannya adalah sebagai berikut: 118 x 1,2 = 141,6 atau dibulatkan menjadi 142 reng.

Menghitung Kebutuhan Genteng

Seperti diketahui, ada banyak jenis ubin di pasaran yang bisa Anda pilih. Seperti ubin biasa, ubin logam, ubin keramik, dan lain-lain. Tak hanya itu, masing-masing tipe juga dibagi lagi menjadi beberapa tipe berdasarkan merek, hingga ukurannya.

Oleh karena itu, pemilihan dan perhitungan genteng juga penting. Sebagai contoh perhitungan kami, kami menggunakan genteng metal yang memiliki ukuran 2 x 4. Rumus yang digunakan adalah sebagai berikut: Genteng = luas atap miring x 1,62

Berdasarkan contoh di atas, diketahui bahwa luas atap miring adalah 175,8 m2. Maka dengan rumus diatas maka perhitungan jumlah ubin yang dibutuhkan adalah sebagai berikut : t: Genteng = 175,8 x 1,62 = 284.796 buah genteng atau 285 buah genteng metal. Cara Menghitung Luas Rangka Atap Baja Ringan

Belilah genteng cukup banyak dari yang sudah Anda perhitungkan. Tujuan agar saat ada genteng yang rusak atau cacat Anda tidak perlu repot-repot untuk mencari menemukan. Menghitung Kebutuhan Sekrup Yakni kebutuhan, baik dan genteng maupun baja. Berikut cara menghitungnya yang bisa Anda pelajari. Kebutuhan Sekrup Genteng Anda cukup menggunakan rumus berikut:

Kebutuhan Sekrup Genteng = J. Genteng x 12
Sebagai contoh perhitungan kita gunakan contoh di atas. Telah diketahui bahwa jumlah genteng yang dibutuhkan adalah 285 buah. Maka yang dibutuhkan adalah:
Kebutuhan kebutuhan = 2 x 12 = 3.420 buah 85.

Menghitung Total Biaya

Jika semua perhitungan di atas sudah selesai, maka untuk langkah terakhir Anda hanya perlu menghitung total biayanya. Maka dari itu penting bagi Anda untuk mengetahui kisaran harga masing-masing bahan yang akan dipakai.

Tentang Atap Baja Ringan

Ketika ingin menggunakan baja ringan sebagai rangka atap maka Anda perlu terlebih dahulu berkreasi terlebih dahulu dengan orang yang ahli di bidang tersebut. Nantinya tenaga profesional akan membuat dan menampilkan gambar dalam bentuk dua atau tiga dimensi sesuai permintaan klien.

Selain itu Anda juga bisa meminta untuk membuatkan perhitungan pengeluaran dan pembelian bahan-bahan yang berkaitan dengan pemasangan rangka atap baja ringan. Demikian penjelasan tentang Cara Menghitung Luas Rangka Atap Baja Ringan semoga bermanfaat, terimakasih.

Kelebihan Dan Kekurangan Baja Ringan

Kelebihan Dan Kekurangan Baja Ringan – Seperti yang Anda ketahui, bahan bangunan yang akhir-akhir ini banyak diburu dan dicari adalah baja ringan. Bisa dikatakan baja ringan sedang menjadi favorit banyak orang untuk dijadikan bahan bangunan. Terutama untuk atap dan teras. Dengan segala kelebihan dan kekurangan atap baja ringan.

Dari segi harga, kualitas dan daya tahan. Padahal, bahan ini masih diminati banyak orang.
Peranan Baja Ringan sudah mulai menggantikan kayu sebagai bahan baku atap dan teras. Meskipun tidak semua. Namun baja ringan hampir mendominasi pasar bahan bangunan, yang beberapa tahun terakhir didominasi oleh kayu solid.

Kelebihan dari Baja Ringan

Sebagai bahan yang memiliki nilai harga yang cukup tinggi untuk menyamai harga kayu. Baja ringan memiliki banyak keunggulan yang membuatnya disukai banyak orang. Baja ringan tidak hanya menawarkan kualitas tetapi juga desain material yang dapat beradaptasi dengan banyak bentuk rumah. Selain memiliki warna yang netral, baja ringan juga memiliki tampilan yang bagus dan terlihat mewah. Maka wajar jika bahan ini banyak peminatnya.

kelebihan dan kekurangan baja ringan

Kemudian selain kelebihan penampilan. Apa kelebihan lainnya?
Mudah dipasang

Baja ringan bisa dibilang paling disukai karena kemudahan pemasangannya. Hal ini membuat baja ringan dapat mempercepat pemasangan atap pada rumah. Sehingga rangka alas yang digunakan tidak terlalu banyak. Pada atap konvensional, waktu yang dibutuhkan untuk proses pemasangannya jauh lebih lama dibandingkan dengan atap yang menggunakan rangka baja ringan.

Sehingga pekerjaan atap biasanya dilakukan pada akhir pembangunan rumah, namun dengan adanya baja ringan. Pengerjaan atap rumah bisa lebih cepat dan bisa dicicil setengah rumah. Dan ini membuat proses pembangunan seluruh rumah menjadi lebih cepat. Kelebihan dan kekurangan atap baja ringan dalam hal pemasangan bukan berarti bahan ini sulit dipasang. Tapi justru sebaliknya.

Dapat di daur ulang

Baja ringan meskipun memiliki harga yang tidak cukup murah. Namun, bahan ini memiliki keunggulan lain yaitu mudah didaur ulang. Intinya adalah jika Anda telah mengganti bagian mana pun dari rangka atap Anda.
Anda tidak perlu membuang atau menghancurkan sisa baja ringan yang Anda miliki. Artinya, bahan ini dapat didaur ulang untuk dijual dan digunakan kembali untuk bahan lain. Artinya, jika Anda memiliki sisa baja ringan, Anda bisa menjualnya dan menjadikannya peluang bisnis yang potensial.

Baja ringan sisa pra-pabrikasi atau dalam bentuk lembaran yang tidak digunakan dapat dijual kembali dan digunakan sebagai bahan pembuatan kios jajanan kaki lima. Seperti yang kita ketahui bahwa saat ini banyak warung makan yang dibangun dengan bahan baku baja ringan. Karena dinilai lebih murah dan efisien.

Lebih Tahan Lama dan Tahan Lama

Baja ringan selain menawarkan desain yang cukup minimalis dan juga identik dengan rumah minimalis. Bahan ini memiliki ketahanan yang cukup baik dan dapat diandalkan. Itu sebabnya baja ringan selalu digunakan untuk bahan model rumah minimalis karena menghemat waktu dan juga lebih hemat. Meski harganya sama dengan material kayu, namun material ini memang menawarkan kelebihan dan kualitas yang sangat wajar.

Lebih ringan dari Baja atau Kayu Konvensional

Kelebihan dan kekurangan lain dari atap baja ringan adalah bahan ini memiliki bobot yang lebih ringan dari baja konvensional dengan harga yang sama. Hal ini menyebabkan baja ringan lebih mudah dipasang dan digunakan sebagai penyangga rangka atap. Ini juga menyebabkan inti baja ringan memiliki waktu pemrosesan yang jauh lebih cepat daripada jenis material lainnya.

Tahan api

Baja ringan tidak hanya tahan lama tetapi juga tahan lama. Kualitas lain yang ditawarkan baja ringan dengan harga yang sama adalah telah diuji ketahanannya terhadap api. Jika kayu memang memiliki aura yang terlihat bagus, sayangnya kayu tidak memiliki kualitas tahan api dari baja ringan. Sehingga ketahanan baja ringan satu tingkat di atas kayu dalam hal keamanan.

Kekurangan Dari Baja Ringan
Mudah Runtuh dan Mudah Ditiup Angin

Dari segi kelebihan dan kekurangan baja ringan. Bahan ini memang memiliki keunggulan yaitu mudah dan fleksibel dalam hal pemasangan. Namun baja ringan memiliki ketahanan yang cukup lemah untuk ukuran bahan bangunan yang memiliki harga yang cukup mahal.

Namun hal ini tetap tidak membuat baja ringan memiliki pertahanan yang cukup kuat dalam hal menghadapi angin. Kemudian baja ringan juga cukup mudah runtuh jika tidak benar-benar hati-hati dalam hal pemasangannya. Artinya harus benar-benar menggunakan tenaga ahli saat memasang material ini agar tidak roboh secara tiba-tiba.

Dapat berubah berantakan dan Tidak Tahan Korosi

Selain mudah roboh dan mudah tertiup angin. Baja ringan juga memiliki kekurangan lain jika Anda kurang memperhatikan pemasangannya. Yaitu mudah hancur dan juga mudah rusak. Mungkin atap yang terbuat dari baja ringan memang memiliki tingkat keamanan yang tinggi karena terbukti tahan api dan juga lebih awet.

Namun faktanya baja ringan sangat mudah mengalami korosi atau yang biasa disebut dengan karat. Hal ini sangat wajar karena bahan dasarnya terbuat dari besi. Jadi cuaca, kelembaban dan bahan bangunan lainnya dapat menyebabkan baja ringan terkorosi. Tapi ini bukannya tidak bisa dihindari.

Jika Anda pernah menggunakan baja ringan sebagai rangka atap. Anda harus melakukan pemeriksaan setiap 2 sampai 5 tahun untuk memeriksa daya tahan serta mengganti bagian yang berkarat. Ini juga demi menjaga keselamatan Anda dan keluarga dari keruntuhan mendadak yang sering terjadi di atap. Demikian ulasan tentang kelebihan dan kekurangan Baja Ringan semoga bermanfaat.

Harga Cor Beton Ready Mix Lampung Terjangkau dan Kompetitif

Harga cor beton ready mix Lampung dengan berbagai mutu tersedia disini dengan penawaran harga ready mix Lampung yang menarik. Masyarakat kini tidak perlu repot-repot dalam mencari supply beton untuk memenuhi kebutuhan proyek pengecoran. Karena informasi harga jayamix dan cor beton Lampung akan kami ulas disini.

Seiring berkembangnya konstruksi bangunan yang menggunakan beton cor atau ready mix untuk pembangunan. Maka saat ini bukan hanya brand jayamix saja yang memang menjadi pelopor beton ready mix.

Selain Jayamix Lampung juga muncul brand-brand lokal seperti Solid Mix, Radja Mix, Ardi mix dan beberapa produsen beton cor yang ada di wilayah Lampung.

Disini kami akan memberikan uraian mengenai informasi harga cor beton ready mix Lampung 2021 yang dapat kami supply untuk memenuhi kebutuhan pengecoran proyek. Baik dalam skala besar maupun kecil di Lampung dan sekitarnya.

Untuk mutu yang sering di gunakan masyarakat sendiri adalah mutu K 225 yang umum di gunakan untuk pengecoran dak rumah lantai 1 sampai dengan lantai 5. Karena jenis ini memang mutu yang popular dan sesuai dengan kriteria dan kebutuhan konstruksi bangunan tersebut.

Untuk acuan dan pertimbangan anda dalam membeli beton ready mix, berikut ini adalah rincian harga cor beton ready mix Lampung yang dapat di pesan sesuai kebutuhan.

Harga Cor Beton Ready Mix Lampung 2021 (Jual Beton Cor) Pilih Sesuai Mutu

Mutu Beton Harga Truk Besar Harga Truk Mini
Ready Mix Lampung K B0 IDR. 700.000 IDR. 995.000
Ready Mix Lampung K 150 IDR. 730.000 IDR. 1.005.000
Ready Mix Lampung K 175 IDR. 750.000 IDR. 1.025.000
Ready Mix Lampung K 200 IDR. 775.000 IDR. 1.075.000
Ready Mix Lampung K 225 IDR. 810.000 IDR. 1.140.000
Ready Mix Lampung K 250 IDR. 825.000 IDR. 1.175.000
Ready Mix Lampung K 275 IDR. 850.000 IDR. 1.225.000
Ready Mix Lampung K 300 IDR. 875.000 IDR. 1.275.000
Ready Mix Lampung K 325 IDR. 875.000 IDR. 1.275.000
Ready Mix Lampung K 350 IDR. 900.000 IDR. 325.000
Ready Mix Lampung K 375 IDR. 950.000 IDR. 1.425.000
Ready Mix Lampung K 400 IDR. 975.000 IDR. 1.475.000
Ready Mix Lampung K 425 IDR. 1.000.000 IDR. 1.525.000
Ready Mix Lampung K 450 IDR. 1.025.000 IDR. 1.575.000
Ready Mix Lampung K 500 IDR. 1.075.000 IDR. 1.675.000

Rincian dari daftar harga cor beton ready mix lampung diatas tidak terikat dan dapat berubah tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu. Untuk mendapatkan penawaran harga ready mix lampung terbaik silahkan kontak marketing kami via whatsapp atau telepon selular di laman website ini.

Pembelian ready mix di hitung dalam kubikasi  M³ (meter kubik)

Harga 1 Truk Mixer (molen) Beton Ready Mix Lampung

Untuk pembelian dan harga 1 truk mixer ukuran besar di Lampung hanya tinggal mengkalikan saja berapa banyak beton cor yang akan di beli (dalam 1 truk mixer besar max 7 M³ beton). Seperti dalam simulasi berikut ini.

  1. Pembelian 1 truk mixer ready mix mutu K 225 dengan harga Rp. 810.000 per M³. Kapasitas maksimal truk besar adalah 7 M³ dalam satu kali proses pengiriman. Jadi Rp.810.000 x 7 = 5.670.000.
  2. Pembelian 1 mixer minimix (max 3 M³) dengan mutu K 225 adalah Rp.1.140.000 per M³. Rp.1.140.000 x 3 = 3.420.000

harga cor beton ready mix lampung

Jadi dengan contoh diatas, anda tinggal menghitung berapa besar kebutuhan beton dikalikan dengan harga ready mix lampung sesuai dengan mutu yang tertera.

Ketentuan harga diatas adalah salah satu tolak ukur bagi masyarakat lampung yang ingin membeli beton siap pakai dan bukan sebagai harga mutlak.

Karena perubahan harga cor beton jayamix lampung biasanya di karenakan berbagai sebab seperti jarak tempuh ke lokasi proyek, kenaikan bahan baku, kenaikan BBM dan hal-hal lain yang membuat operasional bertambah.

Cara Pesan Ready Mix Lampung

Supaya lebih gamblang mengenai teknis pemesanan dan harga cor beton ready mix Lampung, dapat mengikuti panduan berikut ini.

  1. Pemesanan dapat dilakukan dengan menghubungi marketing kami yang tersedia di website ini melalui telepon atau whatsapp chat.
  2. Sebutkan wilayah atau lokasi proyek dengan share lokasi melalui google map agar kami dapat memantau jarak tempuh dan akses jalan menuju lokasi proyek. Apakah dapat di lalui truk mixer atau tidak.
  3. Sebutkan pemesanan di peruntukan untuk apa? apakah untuk pengecoran bangunan atau jalan dsb.
  4. Pilih jenis mutu beton yang akan di pesan.
  5. Apabila telah terjadi kesepakatan harga, maka tim kami akan melakukan peninjauan lokasi (survey) untuk cross check kebutuhan beton, akses jalan, keamanan dan lain-lain.
  6. Dp 30% dari total biaya yang harus dibayar melalui transfer bank atau secara cash.
  7. Pelunasan dilakukan maksimal pada saat hari pengecoran dimana salah satu armada kami telah sampai di lokasi proyek (pengecoran dapat dilakukan ketika semua administrasi telah selesai atau lunas).

 

Kelebihan Menggunakan Cor Beton Ready Mix untuk Pengecoran di Lampung

Ketika memilih suatu produk dan material bangunan, tentu saja memiliki alasan. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa menggunakan beton siap pakai dalam pengecoran di wilayah Lampung.

  • Pengecoran beton menjadi lebih cepat.
  • Harga ready mix lampung cukup terjangkau.
  • Sebanding dengan mutu beton yang telah teruji.
  • Pemesanan yang mudah tanpa harus ke pabrik beton.

 

Kekurangan Menggunakan Cor Beton Ready Mix Lampung
  • Lampung memiliki daerah yang luas dengan jarak tempuh yang berbeda-beda. Sehingga harga cor beton ready mix lampung di tiap kabupaten memiliki perbedaan harga.
  • Akses jalan harus memadai untuk di lewati kendaraan seperti truk mixer dan truk pompa beton.
  • Truk mixer tidak bisa melewati daerah yang menanjak seperti di wilayah perbukitan karena memiliki beban yang sangat berat.

 

Semoga dengan adanya informasi Harga Cor Beton Ready mix Lampung ini dapat mempermudah bagi masyarakat yang membutuhkan beton siap pakai. Terlebih pada situasi COVID 19  yang serba terbatas dan membatasi ruang kita untuk interaksi secara langsung. Sehingga dengan adanya penawaran ini, diharapkan dapat menjadi solusi terbaik bagi anda yang sedang membutuhkan ready mix.

Rumah Eropa Klasik Minimalis Tidak Ada Matinya Menjadi Inspirasi

Rumah Eropa klasik minimalis memang masih menjadi primadona. Faktanya juga hunian dengan gaya Eropa juga menjadi salah satu arsitektur yang paling ikonik juga mendunia. Pastinya bukan tanpa sebab, melainkan memang mempunyai desain yang sangat mempesona. Bukan cuma itu saja, juga desain klasik Eropa juga banyak ditemui di belahan dunia. Alasannya adalah karena dahulu bangsa Eropa banyak melakukan penjajahan teritorial.

Tren rumah juga arsitektur tidak sekilat tren musik juga fashion. Walaupun demikian, akan tetapi secara perlahan tetapi pasti perkembangan itu memang ada. Dekorasi tren rumah juga sangat berbeda-beda. Meskipun begitu, desain klasik juga tidak ada matinya.

Di tengah-tengah maraknya akulturasi budaya, desain klasik yang minimalis tetapi mampu mempertahankan diri. Bahkan ada banyak juga yang masih menggunakan model hunian dengan model klasik minimalis.

rumah eropa klasik minimalis
rumah klasik eropa

Beberapa Inspirasi Rumah Eropa Klasik Minimalis yang Menjadi Rekomendasi

Apakah Anda tertarik dengan rumah Eropa klasik minimalis tersebut? Sudah pastinya iya. Dengan kita menggunakan desain rumah yang demikian di Indonesia ini pastinya akan menjadi tempat tinggal semakin mewah walaupun minimalis juga klasik. Langsung saja, mari kita simak beberapa rekomendasinya untuk Anda.

Klasik Gaya Eropa dengan Balkon

Balkon juga menjadi ciri khas untuk rumah Eropa klasik minimalis. Keberadaan balkon yang menjorok ke luar tersebut biasanya terletak biasanya berada di lantai atas. Bentuk dari balkon tersebut juga sangat bermacam-macam. Ada yang memiliki ukuran kecil ada juga yang mempunyai ukuran besar.

Biasanya balkon yang berukuran besar menyerupai teras juga paling umum untuk digunakan untuk bersantai. Berbeda dengan balkon yang berukuran kecil dengan luasnya hanya seukuran dengan pintu. Semua ukuran balkon tersebut pastinya juga akan disesuaikan dengan desain rumah Eropa beserta ukurannya.

Mempunyai posisi yang berada di lantai atas, balkon tersebut biasanya juga mempunyai pagar pengaman. Pagar tersebut umumnya juga berasal dari bahan batu bata maupun Besi. Untuk Balkon tersebut juga menjadi titik yang penuh dengan dekorasi. Baik yang bermula dari dekorasi ornamen juga ukiran yang khas.

Baca Juga : Model atap rumah gaya Eropa

Klasik Minimalis Modern

Saat ini juga banyak kita temui rumah Eropa klasik minimalis dengan menggunakan pilar-pilar yang besar. Hal yang demikian itu menjadikan tampilan dari rumah tersebut juga menjadi lebih modern. Selain memiliki ukuran yang berukuran besar, gaya Eropa juga selalu memiliki menara pada bagian rumah yang depan.

Mengenai jumlah pilar rumah Eropa tersebut adalah dua pada bagian kanan juga kiri guna sebagai akses masuk. Dengan ukuran yang menjulang di permukaan tanah sampai atas bahkan atap. Bentuk dari pilar itu sendiri adalah silinder atau hexa. Akan tetapi juga bergantung dengan desain hunian Eropa itu sendiri.

Bukan hanya pada bagian Eksterior, akan tetapi juga bisa digunakan pada bagian Interior. Fungsi pilar juga bisa menjadi pembatas ruangan.

Minimalis dengan Cerobong Asap

Cerobong asap juga menjadi rumah Eropa klasik minimalis. Hal yang demikian itu, nyatanya juga menjadi ciri khas rumah klasik Eropa. Penyebabnya adalah, karena Eropa memiliki empat musim. Sehingga dengan adanya cerobong tersebut juga akan sangat berguna untuk memberikan kehangatan. Terutama saat musim dingin atau salju. Asap juga bisa keluar sehingga tidak mengganggu pernapasan.

Lalu bagaimana fungsi cerobong asap untuk hunian Indonesia yang hanya mempunyai dua musim saja? Walaupun tidak mempunyai musim dingin akan tetapi beberapa wilayah yang ada di Indonesia memiliki dataran tinggi Dieng. Jadi, perlu juga untuk menghadirkan cerobong asap tersebut.

Melihat rumah dengan memiliki cerobong asap bukanlah hal yang aneh. Terutama bagi mereka yang tinggal di kawasan dataran tinggi.

Eropa Klasik yang Elegan

Umumnya rumah Eropa klasik minimalis elegan ini mempunyai ciri utama dengan kesan yang gelap. Meskipun begitu, akan tetapi penghuni bisa merasakan sebuah kehatang pada modelnya yang klasik tersebut.
Bagian Interior nya juga menggunakan dekorasi dengan batu alam. Nantinya juga, bisa memberikan kesan hangat juga akrab bagi penghuninya. Selain itu, penggunaan pilar dengan ukuran yang tinggi masih juga ditemukan.

Eropa Minimalis Natural

Teruntuk anda yang mendambakan kehidupan atau hunian bak berada di pedesaan, pastinya rumah Eropa klasik minimalis yang natural ini menjadi rekomendasi terbaik untuk Anda.

Ketika memilih desain rumah yang demikian, maka akan ada rasa yang tersendiri yang bisa Anda rasakan. Meskipun tinggal di Indonesia. Tetapi karena keunikannya tersebut, membuat penghuninya juga nyaman bahkan merasa berada di luar negeri.

Klasik yang Serupa dengan Castle

Untuk model rumah Eropa klasik minimalis yang selanjutnya adalah dengan gaya yang menyerupai kastil. Gaya rumah yang demikian ini juga merupakan salah satu wujud dari Istana pada kerajaan Eropa dahulu.

Supaya bisa mewujudkannya dengan sempurna, Anda hanya perlu untuk memanfaatkan batu-batu alam. Pastikan juga memiliki warna yang lumayan cerah. Misalnya adalah coklat muda juga cream, lalu tempelkan pada dinding hunian.

Berkaitan dengan bangunannya, bisanya memiliki dua lantai. Strukturnya juga hampir menyerupai kastil. Sedangkan untuk bagian garasi dan tempat penyimpanan yang lainnya letaknya terpisah dari samping rumah tersebut.

Klasik Minimalis dengan Dua Lantai

Meskipun rumah Eropa klasik minimalis, akan tetapi Anda juga bisa mewujudkannya dengan dua lantai. Sekian lama Anda mendambakan model yang demikian ini, maka model yang satu ini tentunya masih menjadi rekomendasi terbaik.

Akan tambah menawan lagi jika, halaman depan rumah tersebut ditanami banyak tumbuhan. Misalnya yang berbunga, maka akan menimbulkan kesan estetik yang sangat sempurna. Jika dipikir kembali rumah Eropa klasik minimalis memang tidak ada matinya.

Model Atap Rumah Gaya Eropa Kekinian Menyulap Tampilan Hunian Anda

Model atap rumah gaya Eropa ternyata juga menjadi salah satu arsitektur yang paling ikonik di seluruh dunia. Hal yang demikian ini pastinya bukan tanpa sebab, karena mempunyai desain yang sangat mempesona dan pastinya unik. Saat ini banyak yang mengagumi gaya atap yang satu ini.

Atap merupakan hal yang sangat penting. Pasalnya mempunyai fungsi untuk melindungi. Meskipun letaknya berada di atas, maka sebagian besar orang tentunya menginginkan gaya yang terbaik. Perlu Anda ketahui, bahwa akhir-akhir ini banyak sekali yang mendambakan atap dengan gaya Eropa. Mereka menganggap dengan menggunakan gaya Eropa akan membuat tampilan rumah menjadi lebih unik.

Pemilihan model atap memang sangat penting, terutama bagi Anda yang ingin membangun rumah impian bersama pasangan. Tidak bisa Anda asal-asalan dalam melakukan pilihan, karena setiap jenis atap memiliki spesifikasi yang berbeda-beda.

Beberapa Model Atap Rumah Gaya Eropa yang Bisa Anda Coba

Meskipun kita tinggal di Indonesia, bukan berarti kita tidak bisa meniru atap gaya atau desain berbagai negara di dunia, salah satunya adalah Eropa. Justru dengan memilih model atap yang demikian, akan menjadikan dan membuat tampilan hunian akan semakin menawan.

Mempunyai minat ingin menirunya? Tetapi bagaimana saja ya, belum berkunjung ke Eropa juga. Penasaran pastinya, langsung saja mari kita simak beberapa inspirasi model atap rumah gaya Eropa tersebut!

model atap rumah gaya eropa

Model Atap Gaya Miring

Miring nyatanya menjadi model atap rumah gaya Eropa yang paling dominan. Banyak juga yang mengatakan bahwa atap ini adalah atap rumah standar juga merupakan atap kupu-kupu.
Umumnya atap dengan model yang seperti ini itu menempel pada bagian dinding. Bahkan sering juga digunakan untuk atap bagian Garasi Mobil selain atap utama. Ketika Anda memilih untuk menggunakan atap miring ini maka akan mendapatkan kesan interior yang kontemporer.

Baca Juga : Desain Rumah Atap Miring

Miring Panel Surya

Dengan Anda memasang panel surya pada bagian atas hunian, maka dengan sekaligus sudah mendapatkan cadangan energi guna menghemat tenaga listrik.
Untuk tampilan depannya model atap rumah gaya Eropa ini tidak perlu Anda repotkan lagi. Akan tetapi terlihat sangat modern karena terdapat panel suryanya tersebut.

Atap Rumah Eropa Skillon

Ketika mendengar model atap rumah gaya Eropa yang satu ini pastinya sudah tidak asing lagi bagi Anda. Model yang ini juga sangat cocok untuk Anda yang suka dengan hunian minimalis. Nah, cocok banget bukan untuk hunian di Indonesia?

Pada dasarnya atap ini mempunyai permukaan yang miring tunggal. Memiliki bentuk yang sangat unik yang menjadikan model skillion ini sebagai pilihan arsitektur yang modern. Terutama hunian Anda yang termasuk multi level dengan adanya konsep dasar atap yang miring.

Rumah Eropa Atap Mansard

Mansard merupakan atap rumah gaya Eropa yang biasanya banyak digunakan, terutama Peanis. Jenis atap yang satu ini juga mempunyai empat isis yang mana terdapat dua lereng pada masing-masingnya. Gambrel dan Mansard itu mempunyai sebuah persamaaan. Namun, hal yang paling menonjol yang menjadi pembedanya adalah Mansard memiliki curam yang lebih dan lebih bervariatif.

Rumah dengan Atap Gambrel

Gambrel juga merupakan atap rumah gaya Eropa. Selain itu model ini juga yang mudah untuk dijumpai pada bangunan peninggalan Belanda, juga menjadi ciri khas yang tersendiri.
Empat sisi yang simetris dengan dua lereng pada setiap atapnya. Lereng pada bagian atas mempunyai sudut yang dangkal daripada lereng yang rendah.

Hunian Gaya Eropa dengan Atap Hip

Hip merupakan model atap rumah gaya Eropa yang paling banyak berada di Indonesia. Bisa jadi juga rumah Anda saat ini juga menggunakannya. Adanya atap model ini adalah karena modifikasi rumah limas atau piramida supaya bisa diterapkan pada hunian dengan ukuran yang besar.
Atap ini juga menggunakan konsep atap bentuk trapesium. Modelnya juga praktis. Dengan demikian itu wajar saja bila, model atap ini juga menjadi atap yang paling favorit.

Atap Model Melengkung

Di Indonesia sendiri model atap rumah gaya Eropa ini mungkin masih belum ada banyak yang menggunakannya. Akan tetapi jika Anda ingin menggunakannya sebagai penambah daya tarik, tentunya bukan menjadi masalah. Justru hunian akan terkesan unik. Melengkung juga sudah menjadi atap.
Penggunaan atap dengan model yang melengkung juga akan memberikan nilai estetika yang tersendiri. Menjadikan rumah Anda tampak menawan dari depan.

Gaya Eropa dengan Model Bonet

Bonet merupakan atap rumah gaya Eropa dengan perpaduan rumah Limas dan Hip. Konsepnya bertingkat dengan memiliki desain pada bagian bawah yang lebih menjorok ke luar. Meskipun demikian, akan tetapi memiliki fungsi guna menutupi lubang pada bagian ruang yang berada di bawahnya.
Anda bisa menemukan model ini pada rumah Joglo yang merupakan khas Jawa.

Atap Palang Runcing

Mudah sekali menjumpai model atap rumah gaya Eropa yang satu ini di Indonesia. Bentuknya hampir saja menyerupai atap Hip walaupun mempunyai perbedaan. Untuk posisi atapnya sendiri juga terlihat menyilang juga membentuk segitiga. Hal inilah menyebabkan atap tersebut bernama Runcing.

Meski terlihat berbentuk segitiga, akan tetapi atap model ini juga mempunyai dua sisi pokok yang sama. Sudah sangat umum keberadaanya di Indonesia. Bagian atap rumah yang runcing dan akan lebih kecil jika digunakan untuk penanda pintu masuk juga pintu belakang rumah.

Atap Rumah dengan Model Gergaji

Jenis atap ini memang banyak ditemui untuk lokasi pabrik juga industri. Alasannya adalah mempunyai bentuk Gergaji yang curam sehingga dapat melindungi pekerja juga mesin. Bagi anda yang memiliki hunian dengan gaya Industrial, maka model atap rumah gaya Eopa ini sangatlah cocok.
Nah, beberapa inspirasi model atap rumah gaya Eropa tersebut, bisa menjadi rekomendasi terbaik dan mengindahkan hunian Anda.

Desain Rumah Atap Miring Paling Hits dan Populer, Berikut Inspirasinya

Desain rumah atap miring saat ini tidak hanya baru trending, akan tetapi juga menyimpan banyak kelebihan. Salah satu kelebihannya adalah mengenai insulasi termal atau kendali suhu yang lebih adem serta hemat energi pada atap miring.

Selain itu, desain rumah satu ini juga cenderung stabil, tahan lama, serta protektif terhadap bahaya lingkungan. Bagi Anda yang tertarik untuk mempunyai rumah minimalis dengan atap miring, terdapat beberapa inspirasi model atap miring yang dapat Anda terapkan untuk hunian idaman Anda.

Inspirasi Desain Rumah Atap Miring

Membuat hunian yang nampak modern minimalis dalam gaya arsitektur kekinian tentu sangat menarik untuk Anda coba. Salah satunya dengan terapkan beragam desain atap miring yang cukup unik.

Tidak hanya berfungsi sebagai pelindung rumah saja, akan tetapi atap juga dapat mempercantik tampilan rumah secara keseluruhan. Atap miring saat ini cukup tren dan cukup banyak digemari.

desain rumah atap miring

Disebut dengan istilah mono potched roof, desain atap miring juga mengacu pada permukaan landai pada salah satu sisi saja. Tidak hanya itu, ada kombinasi antara atap miring dengan atap horizontal pada area belakangnya. Lalu juga pada aksen split atau pemisahan antara atap yang membuat tampilan eksterior rumah minimalis semakin unik anti mainstream.

Berikut ini beberapa inspirasi desain rumah atap miring, antara lain:

Atap Miring Kombinasi

Pada desain rumah ini, desain atap miring yang digunakan adalah kombinasi antara dua arah yakni arah depan serta arah samping. Sedangkan pada segi arsitektur mungkin desain ini nampak cukup mencolok mata.
Akan tetapi, tanpa diikuti dengan sistem aliran air yang tepat, maka desain atap miring ini justru akan dapat menimbulkan masalah pelik bagi Anda dan lingkungan.

Style Atap Miring Bentuk Kupu-Kupu

desain rumah atap miring

Salah satu desain atap miring yang mirip dengan sayap kupu-kupu ini nampak elegan. Selain itu, atap miring ini juga tampil sangat menawan. Pada umumnya, model atap dengan bentuk kupu-kupu terdiri dari dua permukaan miring yang saling bertemu pada bagian bawah tengah.

Dengan demikian, akan nampak terbuka secara keseluruhan. Sebenarnya atap miring kupu-kupu tersebut bukan inspirasi baru sebab pernah populer pada era tahun 50-60’an. Oleh karena itu, dapat Anda jadikan inspirasi untuk kesan kekinian tersendiri.

Baca Juga: Model Rumah Minimalis Atap Baja Ringan

Atap Deco Lanang

Salah satu inspirasi rumah minimalis dengan konsep atap miring lainnya adalah dengan double roff yang memberi tampilan dua sisi bangunan yang terpisah.

Tembok menggunakan batu bata merah yang tersusun menyatu. Hal ini dapat menjadi isyarat jika bagian interior rumah didesain dengan gaya langit-langit tinggi.

Atap Rumah Miring Tepi Sawah

desain rumah atap miring

Bagi Anda yang tinggal pada pemukiman terlalu padat, membangun rumah dengan desain atap miring ini dapat menjadi solusi yang tepat. Dalam hal ini, Anda dapat dengan leluasa mengatur serta mengarahkan kemiringan atap supaya lebih memberikan keuntungan.

Sebagai contoh, kemiringan atap diarahkan pada samping rumah yang berupa lahan kosong. Dengan demikian, aliran air dapat langsung mengarah pada lahan tersebut. Maka halaman rumah Anda pun dapat lebih aman.

Atap Miring dari Bahan Kayu

Desain rumah atap miring bisa nampak lebih kece dengan sentuhan khas material tertentu. Salah satunya adalah material dari kayu. Pada inspirasi satu ini, arsitektur atap akan nampak sangat modern dengan panel kayu yang tersusun rapi.

Terutama dengan adanya tambahan kerangka kayu pada bagian terasnya. Maka dipandang dari sudut mana saja, rumah minimalis ini akan tetap nampak lebih eksentrik dan stylish.

Tampilan Atap Miring Futuristik

Rumah dengan dikelilingi halaman yang luas nan hijau dengan menggunakan atap miring gaya futuristik yang mewah. Hal ini cukup kontras dengan tumbuhan pada sekitarnya. Meskipun stylenya sangat unik serta modern, akan tetapi atap miring tidak mengesampingkan kualitasnya yang cukup kokoh.

Selain itu, rumah atap miring juga sangat cocok apabila disandingkan dengan dinding transparan yang berupa kaca tebal ultra modern. Penggunaan cat rumah minimalis tampak dengan warna cerah juga akan membuat tampilan rumah dengan model atap miring ini akan lebih atraktif serta sangat memukau.

Atap Miring Origami yang Anti Mainstream

desain rumah atap miring

Hunian pribadi satu ini mengusung gaya atap miring yang tampil beda dan mempesona. Tanpa melihat keseluruhan bangunan secara detail, mungkin gaya atap miring ini tidak nampak mencolok.

Akan tetapi, jika diperhatikan sebagai satu proyek yang sangat lengkap, terdapat kesan anti mainstream pada atap miring yang terbentuk seperti lipatan origami yang simetris. Jika nampak dari jauh, hunian minimalis dengan atap yang miring origami ini juga begitu memukau.

Pada bagian teras terlihat sebuah atap yang berupa model kanopi yang transparan. Hadirnya kreativitas ini menghadirkan desain kontinue yang sangat fungsionalitas. Pastinya mampu membuat siapa saja yang melihatnya akan sangat terkesan.

Rumah Minimalis Atap Miring Sandar atau Skilion

Atap miring dengan jenis sandar atau skilion cukup populer digunakan pada hunian minimalis modern karena mempunyai bentuk yang khas. Konsep atap miring satu ini dapat membuat halaman depan dan belakang rumah jadi lebih terlindungi karena tidak terkena cucuran air hujan.

Atap Miring dengan Kesan Tropis yang Indah

Hunian minimalis akan terasa bagaikan istana pribadi dengan desain gaya atap miring yang unik, salah satunya dengan mengusung sentuhan tropis yang indah.

Desain rumah atap miring ini terdiri dari dua bagian yang membentuk segitiga. Karena adanya material kayu alami, desain atap murah miring ini bisa menciptakan kesan rumah tropis yang dijamin nyaman.

Bahkan terdapat kesan liburan yang cukup menyenangkan pada rumah ini. Terutama pada bagian outdoor yang sangat mendukung. Pesona eksterior hunian seperti halnya villa. Desain rumah atap miring satu ini mempunyai lekukan yang sangat pas serta tidak kaku sehingga akan terasa lebih homey.

Archives

September 2021
S S R K J S M
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Kategori

Popular Posts

Kelebihan Dan Kekurangan Baja Ringan

Desain Rumah Atap Miring Paling Hits dan Populer, Berikut Inspirasinya